Wisata Waduk Gajah Mungkur sambil Jelajah Kuliner



Wisata Waduk Gajah Mungkir sambil Jelajah Kuliner - Wonogiri merupakan sebuah kabupaten paling selatan di Solo Raya, sebagai hulu dari sungai terpanjang di Pulau Jawa, Bengawan Solo, Wonogiri juga terkenal oleh lansekapnya yang berbentuk kumpulan perbukitan kecil yang lebih dikenal dengan julukan Gunung Sewu (Pegunungan Seribu) di sekitar selatan Wonogiri.


Dahulu kala daerah Solo sangat rawan banjir, sehingga untuk mengurangi potensi banjir bandang akhirnya dibangunlah sebuah waduk di Wonogiri dengan menghabiskan lahan seluas 8800 ha pada akhir tahun 1970.

Akhirnya waduk selesai dibangun pada tahun 1978, setelah pada awal pembangunannya harus memindahkan penduduk lokal yang tinggal di daerah yang ditenggelamkan dan ditransmigrasikan ke Sitiung, Sumatra Barat, waduk yang sedianya bisa bertahan hingga 100 tahun itu dilengkapi dengan PLTA dengan daya 12,4 Megawatt, cukup sukses memanajemen arus air bengawan Solo.

Selain bermanfaat untuk mencegah banjir bandang, air waduk juga mampu digunakan untuk irigasi di 4 kabupaten yang justru di luar Wonogiri.

Salah satu manfaat besar yang juga merupakan keniscayaan adalah pemanfaatan waduk sebagai obyek wisata, waduk yang luas dan berair banyak menjadikan pesona tersendiri bagi wisatawan, salah satu bukti adalah dengan dibangunnya Obyek Wisata Sendang.

Sebuah obyek wisata yang memadukan wisata air dengan menggunakan perahu ataupun speed boat untuk mengunjungi karamba di tengah waduk, bersafari ke kebun binatang sambil menaiki gajah, mengelilingi kawasan obyek wisata dengan kereta kelinci, dan masih banyak hiburan lainnya.

Jika beruntung pengunjung bisa menyaksikan hiburan rakyat yang biasanya diadakan setiap hari besar seperti lebaran, dan lain-lain.


Kuliner



Jika anda pecinta kuliner jangan lewatkan pesona Wonogiri yang merupakan surga kuliner jawa, berbagai sajian nila / kakap bakar, ayam panggang, bakso dan mie ayam Wonogiri, Thiwul, Cabuk, Pindang, Wader Goreng dan masih banyak lagi, banyak warung makan yang berdiri di sekitar waduk yang menyediakan sajian ini.


Menuju ke lokasi

Dari Solo anda bisa menggunakan bis jurusan Solo – Pracimantoro dan turun langsung di depan Obyek Wisata Sendang, jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa melewati jalur Solo – Wonogiri yang sekitar 32 Km dan Wonogiri – Sendang yang sekitar 7 Km.

Sepanjang perjalanan anda akan melinasi jalan perbukitan yang indah, di sisi lain terkadang anda akan bisa melihat waduk dari ketinggian dan tepi jembatan, untuk masuk ke lokasi dikenakan tarif masuk Rp. 4.500 sudah termasuk asuransi.

Posting Komentar untuk "Wisata Waduk Gajah Mungkur sambil Jelajah Kuliner"