Cara Mengatasi “This app has been blocked for your protection” di Windows 10

Windows 10 dikenal memiliki fitur keamanan yang tinggi dan setiap waktu sering diperbarui agar tidak ada celah yang bisa disusupi. Peningkatan fitur keamanan ini terkadang berpengaruh pada aplikasi yang akan di install di windows 10. Ketika Windows mendeteksi pemasangan aplikasi yang menurutnya tidak aman, maka Windows Defender secara otomatis memblokir pemasangan aplikasi tersebut. Namun tidak hanya itu saja, terkadang aplikasi yang sebelumnya sudah kita install dan bisa dijalankan tiba-tiba diblokir juga.

Hal ini terjadi karena Windows Defender mendeteksi dan menganggap bahwa aplikasi tersebut tidak aman yang berasal dari sumber atau publisher yang tidak dikenali oleh windows, padahal aplikasi tersebut tidak sepenuhnya berbahaya. Ketika hal tersebut terjadi, Windows menampilkan pesan : This app has been blocked for your protection.

Gambar diatas adalah contoh aplikasi yang diblokir oleh Windows Defender. Masalah ini bisa terjadi pada aplikasi apa saja. Jika kalian yakin bahwa aplikasi yang akan di install atau dijalankan itu aman, maka kalian bisa mematikan sementara proteksi Windows Defender SmartScreen.

Sebenarnya sudah banyak website yang mengulas tentang cara-cara mengatasi “This app has been blocked for your protection”. Namun tidak ada salahnya jika saya ulas kembali.

Baca Juga :  Menghilangkan Folder OneDrive Windows 10

Opsi Pertama : Mematikan Windows Defender SmartScreen
Buka Windows Defender Security Center    App and Browser Control. Kemudian rubah semua opsi menjadi Off.

Jika menggunakan cara yang pertama tidak berhasil, maka kalian bisa menonaktifkan User Account Control (UAC) melalui Registry Windows.

Opsi Kedua : Menonaktifkan User Account Control (UAC)
Buka Registry Windows dengan menekan Windows + R di keyboard dan ketik regedit kemudian tekan OK.

Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE    SOFTWAREPilih Microsoft  →  Windows →  CurrentVersion 

Pilih Policies  →  System kemudian klik 2x EnableLUA

Ganti Value data menjadi 0 dan klik OK, kemudian Restart komputer untuk mengganti perubahan yang sudah dilakukan.

Pengujian yang saya lakukan pada opsi pertama bisa mengatasi masalah blocking aplikasi saat install. Sedangkan opsi kedua bisa mengatasi masalah aplikasi yang tiba-tiba di block oleh windows.

Baca Juga :  Hard Disk dan SSD : Perbedaan, Fungsi dan Jenis-jenisnya

You May Also Like

1 Comment

  1. Good day! I simply want to give a huge thumbs up for the nice data you have right here on this post. I will probably be coming again to your blog for extra soon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *