Efek Foto Robek Di Photoshop

Ingin merobek foto seseorang yang buat kamu sedih atau marah? jangan deh. Kalau memang ingin, sebaiknya gunakan saja efek foto robek dengan photoshop dan hasilnya kamu kirim ke seseorang yang sudah buat kamu sedih. Cara ini lebih elegan untuk menunjukkan emosi kamu.

Efek foto robek digunakan untuk membuat foto atau gambar lainnya terlihat seperti telah disobek atau tersobek dengan tangan. Silahkan sediakan foto atau media gambar yang akan kamu jadikan sebagai objeknya. Bisa juga download bahan yang sudah saya sediakan sebagai medianya.

Download Bahan Efek Foto Robek

Cara Membuat Efek Foto Robek di Photoshop

Didalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS6, namun versi berapapun saya kira bisa juga digunakan untuk mengikuti tutorial ini.

Langkah 1 :

Masukkan foto ke photoshop dengan cara klik File > Open atau  tekan Ctrl + O pada keyboard dan cari foto yang sudah disiapkan.

Baca Juga :  Tutorial CorelDraw - Membuat Logo Android

Efek Foto Robek di Photoshop

Double klik pada Layer Background untuk membuka kuncian layer.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 2 :

Klik menu Edit > Free Transform atau tekan tombol Ctrl + T pada keyboard untuk merubah ukuran Layer 0 dan atur posisi Layer 0 berada ditengah-tengah kanvas.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 3 :

Pilih menu Layer > Layer Style > Blending Options atau bisa dengan klik kanan Layer 0 (foto) lalu pilih Blending Options. Gunakan Stroke Styles untuk menambahkan garis pada bagian luar objek foto. Atur size : 25px, Position : Inside dan Color : White.

Efek Foto Robek di Photoshop

Hasilnya seperti ini :

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 4 :

Pilih menu Layer > Rasterize > Layer Style atau bisa juga dengan klik kanan Layer 0 (foto) lalu pilih Rasterize Layer Style. Cara ini digunakan untuk menyatukan garis luar dengan objek.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 5 :

Aktifkan Pen Tool atau tekan tombol P pada keyboard lalu pilih Pick tool mode dengan pilihan Path. Kemudian seleksi area yang akan kita potong dengan efek robek (titik awal harus bertemu dengan titik akhir).

Baca Juga :  Tulisan dengan Efek Lipatan Kertas di CorelDraw

Efek Foto Robek di PhotoshopHasilnya :

Efek Foto Robek di Photoshop

Klik kanan Make Selection lalu klik OK untuk memisahkan objek hasil seleksi.

Efek Foto Robek di Photoshop

Hasilnya akan terbentuk layer baru hasil potongan objek yang kita seleksi tadi.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 6 :

Aktifkan Layer 1 lalu pilih menu Edit > Free Transform atau tekan tombol Ctrl + T pada keyboard. Rotasi objek sesuai keinginan kamu. Jika ingin, Layer 0 bisa juga kalian edit rotasinya.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 7 :

Double Klik Layer 1, maka akan tampil menu Layer Style kemudian pilih Drop Shadow atau bisa juga dengan klik kanan Layer 1 pilih Blending Options. Atur parameter sesuai keinginan kamu agar objek tampak lebih natural.

Efek Foto Robek di Photoshop

Lakukan hal yang sama untuk layer 0. Supaya efektif, klik kanan Layer 1 pilih Copy Layer Style Kemudian klik kanan Layer 0 lalu pilih Paste Layer Style.

Efek Foto Robek di Photoshop

Langkah 8 :

Tambahkan background untuk membuat efek foto robek terlihat jelas. Untuk background yang akan ditambahkan bebas saja. Klik menu File > Place dan cari background yang ingin kamu tambahkan.  Atur lebarnya hingga memenuhi kanvas.

Baca Juga :  Membuat Logo Ubuntu

Efek Foto Robek di Photoshop

Pindahkan posisi Layer Background ke posisi paling bawah layer dengan cara klik dan tahan Layer Background lalu geser ke arah bawah.

Efek Foto Robek di Photoshop

Seperti inilah hasilnya :

Efek Foto Robek di Photoshop

Simpan hasil editan dalam format JPEG atau format gambar yang lain dengan menekan tombol Ctrl + Shift + S dan beri nama file-nya dan jangan lupa pilih Format dengan pilihan JPEG kemudian klik Save.

Sekarang kamu bisa kirim hasilnya ke seseorang yang kamu inginkan untuk memberitahu emosi yang kamu rasakan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *