Efek Texture Retak dengan Photoshop

Program photoshop dalam hal memanipulasi foto atau gambar memang luar biasa. Namun, fitur yang tersedia di photoshop juga sangat bergantung pada tingkat kreatif dan kemahiran si penggunanya. Photoshop merupakan program pengolah foto atau gambar yang paling banyak diminati dan dipakai oleh para desain grafis.

Manipulasi foto dengan photoshop salah satunya adalah manipulasi foto dengan efek texture retak. Seperti apa dan bagaimana caranya? mari ikuti panduannya berikut ini.

Tutorial Efek Texture Retak

Didalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS6, namun versi berapapun saya kira bisa juga digunakan untuk mengikuti tutorial ini.

Silahkan unduh terlebih dahulu bahan untuk memanipulasi foto dengan efek texture retak dibawah ini.

Download Bahan Efek Texture Retak

Sebagai langkah awal, silahkan buka gambar hasil download tadi ke photoshop dengan cara klik File > Open atau tekan Ctrl + O pada keyboard.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Logo Google Chrome

Efek Texture Foto Retak

Aktifkan Move Tool atau tekan tombol V pada keyboard. Drag atau pindahkan gambar Texture ke gambar KoreaGirl.

Efek Texture Foto RetakAktifkan Layer 1 (Texture) kemudian jadikan Opacity-nya menjadi 50%. Geser posisi Layer 1 (Texture) ke posisi yang kamu inginkan supaya tampak nyata dan efek retaknya mengenai wajah menggunakan Move Tool (V).

Efek Texture Foto Retak

Masih di Layer 1, tekan Eraser Tool atau tekan tombol E pada keyboard. Atur Size nya 30px dan Aktifkan Pressure for Opacity dan Pressure for Size.
(Untuk masalah ukuran Brush Size, Pressure for Opacity dan Pressure for Size silahkan atur sesuai keinginan kalian)

Efek Texture Foto Retak

Hapus bagian-bagian Texture yang tidak diperlukan. Disini saya menghapus bagian Texture yang berada diluar wajah gambar KoreaGirl.

Efek Texture Foto RetakRubah Opacity Layer 1 (Texture) menjadi 100% kembali. Kemudian ganti type Blending Mode dari Normal menjadi Darker Color.

Baca Juga :  Trik Mudah Membuat Bola Dengan CorelDraw

Efek Texture Foto Retak

Inilah hasilnya :

Efek Texture Foto Retak

Bagaimana? mudah bukan?
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *