Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoshop

Biasanya untuk melengkapi berkas untuk lamaran pekerjaan, melanjutkan sekolah ataupun untuk keperluan yang lain kita diharuskan melampirkan foto hitam putih. Padahal foto yang kita punya adalah foto berwarna. Jika memang seperti itu, sebaiknya kita rubah saja foto berwarna kita menjadi foto hitam putih menggunakan photoshop.

Untuk membuat foto berwarna menjadi hitam putih di photoshop sebenarnya cukup mudah dilakukan, terlebih foto tersebut tersimpan di perangkat komputer kalian.

Pada tulisan kali ini saya akan mempraktekkan cara merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih menggunakan photoshop. Silahkan download dahulu bahan prakteknya dibawah ini.

Bahan Praktek Foto Hitam Putih

Photoshop yang saya gunakan adalah Photoshop CS6, namun versi berapapun yang kalian gunakan tidak masalah untuk mengikuti tutorial ini.

Cara Merubah Foto Berwarna Menjadi Hitam Putih

Buka bahan foto hasil download tadi ke photoshop dengan cara klik File > Open atau tekan Ctrl + O pada keyboard dan cari lokasi file yang sudah kalian download tadi.

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoshop

Setelah foto sudah dibuka di photoshop, saatnya membuat foto menjadi hitam putih. Klik menu Image > Adjustments > Black & White…

Baca Juga :  Cara Cepat Merubah Foto Menjadi Negative Film

Membuat Foto Hitam Putih Dengan PhotoshopDan akan tampil kotak Dialog Black and White, untuk pengaturan silahkan sesuaikan dengan keinginan kalian.

Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoshop

Sebenarnya, tanpa kalian rubah parameter pengaturannyapun tidak masalah, foto tetap akan berubah hitam putih. Klik tombol Ok dan lihat hasilnya.

Membuat Foto Hitam Putih Dengan PhotoshopBagaimana? mudah bukan merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih?. Lalu bagaimana jika ingin merubah warna latar dari foto berwarna kita?.

Jika ingin merubah warna latar atau background dari foto berwarna kita, caranya tentu berbeda dari tutorial di atas dan tentu relatif lebih sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Cara Mengganti Background Foto dengan Foreground Color

Untuk melengkapi tutorial diatas, berikut cara merubah latar atau background foto. Buka file foto hasil download tadi dengan cara klik File > Open atau tekan Ctrl + O pada keyboard dan cari lokasi file yang sudah kalian download tadi. Jika file foto sudah masuk ke photoshop, lalu klik 2x pada Layer Background untuk membuka kuncian supaya background yang akan kita hapus tidak berwarna putih.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Logo Google Chrome

Cara Mengganti Latar atau Background Foto

Aktifkan Polygonal Lasso Tool atau tekan tombol L pada keyboard. Kemudian atur parameter Feather menjadi 3 px.

Cara Mengganti Latar atau Background Foto

Klik pada salah satu sisi background lalu ikuti alur dari background tersebut. Setiap bertemu dengan objek yang tidak lurus, klik mouse sekali kemudian lanjutkan sesuai alurnya.

Cara Mengganti Latar atau Background FotoLanjutkan seleksi gambar latar, kemudian pertemukan titik akhir seleksi latar dengan titik awal seleksi gambar.

Cara Mengganti Latar atau Background FotoSetelah latar terseleksi, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghilangkan latar atau background-nya.Cara Mengganti Latar atau Background FotoKemudian cek kembali apakah latar atau background sudah hilang semua. Jika yakin sudah tidak ada lagi, saatnya menambahkan background yang baru. Disini saya akan menambahkan background dengan warna merah. Tambahkan Layer dengan klik Create a new layer.

Cara Mengganti Latar atau Background Foto

Pilih Set foreground color dan atur Color Picker (Foreground Color) dengan nilai ca1313 kemudian klik Ok.

Cara Merubah Foto Berwarna Menjadi Hitam Putih

Pindahkan posisi Layer 1 ke bawah dengan cara klik dan tahan Layer 1 kemudian sorot ke bawah.

Baca Juga :  Efek Texture Retak dengan Photoshop

Cara Mengganti Latar atau Background Foto

Pastikan Layer 1 yang sedang aktif, kemudian aktifkan Paint Bucket Tool atau tekan tombol G pada keyboard. Arahkan pointer Paint bucket tool ke dalam kanvas gambar kemudian klik mouse 1x.

Cara Mengganti Latar atau Background FotoSekarang background sudah berwarna merah, lalu bagaimana jika background-nya dari gambar lain, misalnya alam pegunungan atau yang lainnya?. Untuk yang ini silahkan kalian siapkan gambar yang ingin dijadikan background.

Cara Mengganti Background Foto dengan Gambar Lain

Buka gambar background yang sudah kamu siapkan ke dalam photoshop. Aktifkan Move Tool (G), klik dan tahan background baru, drag atau arahkan ke gambar yang satunya.

Cara Mengganti Latar atau Background Foto

Tekan Ctrl + T pada keyboard dan sesuaikan ukuran dan posisi gambar kemudian tekan Enter pada keyboard.

Cara Mengganti Background Foto

Pindahkan posisi Layer 1 ke bawah.

Cara Mengganti Background Foto

Inilah hasilnya :

Cara Mengganti Background Foto

Itulah cara merubah gambar berwarna menjadi hitam putih dan cara mengganti background foto. Semoga tutorial ini bisa diikuti langkah demi langkahnya dan akhirnya semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *