Mengapa Ada Batu Kerikil di Rel Kereta Api?

Pernah jalan di rel kereta api? kalau di perhatikan disamping kanan kiri maupun di bawah rel terdapat batu kerikil. Batu kerikil ini memang sengaja di tempatkan di sekitar area rel kereta api. Ada alasan logis yang membuat batu kerikil di tempatkan di sepanjang rel kereta api. Salah satunya batu kerikil ini ada di sepanjang rel kereta api adalah sebagai penunjang keberadaan rel kereta api yang berada di atasnya.

Peter Marn – https://www.pexels.com/id-id/foto/186062/

Fungsi Batu Kerikil di Sepanjang Rel Kereta Api

Fungsi batu kerikil pada rel kereta api salah satunya adalah sebagai bantalan pemberat. Batu kerikil membuat rel berdiri dengan stabil sehingga kereta dapat berjalan dengan aman.

Batu kerikil berfungsi menyerap getaran (Shock Absorber) yang terjadi saat kereta lewat. Dengan adanya batu kerikil goncangan yang terjadi saat kereta api melintas di atas rel dapat dikurangi sehingga rel kereta api tidak mudah rusak dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Batu kerikil di sekitar rel kereta api juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah di sekitar rel kereta api. Hal ini karena batu kerikil pada rel kereta api dapat menahan dan memperlancar aliran air pada saat terjadinya hujan.

Batu kerikil berfungsi juga untuk menghambat pertumbuhan rumput di sekitar rel. Bayangkan jika rumput tumbuh subur di sekitar rel, jika ini terjadi maka akan menyebabkan tanah di sekitar rel menjadi gembur. Jika sudah seperti itu maka dapat membahayakan kereta api yang melintas di atasnya dikarenakan tanah yang tidak stabil akibat penggemburan tanah.

Mengapa Tidak Ada Batu Kerikil di Beberapa Tempat Pada Rel Kereta Api

Rel Kereta Api Yang Terdapat di Aspal atau Jalan Raya

Source : https://pxhere.com/id/photo/741675

Tidak adanya batu kerikil di rel kereta api yang melewati jalan aspal atau jalan raya, karena semua fungsi batu kerikil yang sudah kita bahas sebelumnya sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

Rel Kereta Api Yang Melintas di Atas Jembatan

Source : https://pixabay.com/id/photos/jembatan-jalan-kereta-api-rel-733025/

Sama seperti rel kereta api yang terdapat di jalan raya, jembatan yang dilintasi rel kereta api pasti sudah dirancang khusus supaya dapat menahan getaran yang terjadi ketika kereta api melintas di atas jembatan.

Jadi pada tempat-tempat tersebut tidak diperlukan lagi batu kerikil yang ditempatkan di sekitar rel kereta api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *