Menggambar Gelas Dengan Coreldraw

Dengan coreldraw banyak hal yang bisa kalian gambar. Salah satu yang sederhana adalah menggambar peralatan yang sering kita lihat dan kita gunakan, contohnya gelas. Benda sederhana tapi bermakna. Hitung-hitung belajar dan latihan, simak tutorial cara menggambar gelas dengan coreldraw. Semua versi coreldraw bisa kalian gunakan untuk mengikuti tutorial ini. Saya sendiri memakai Coreldraw X6.

Langkah 1 :
Buat Kotak menggunakan Rectangle tool (F6).

Klik kanan pada objek, Convert to curve atau tekan Ctrl+Q. kemudian aktifkan Shape Tool (F10), sorot kursor pada salah satu sisi kiri kotak bawah, klik tahan dan geser kekanan, ulangi untuk sisi yang lain hingga membentuk prisma.

Langkah 2 :
Buat objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool (F7) dan posisikan dibawah.

Baca Juga :  Efek Watercolor Dengan Photoshop

Aktifkan Pick tool dan blok kedua objek, klik menu Arrange  →  Shaping  →  Weld. Atau bisa juga klik Weld di Property Bar.

Langkah 3 :
Buat objek lingkaran dan posisikan di atas.

Aktifkan Pick tool dan blok kedua objek, klik menu Arrange  →  Shaping→  Trim. Atau bisa juga klik Trim di Property Bar.

Gandakan/duplikat objek lingkaran, kemudian kecilkan objek lingkaran hasil penggandaan.

Langkah 4 :
Jika kalian sudah cukup mahir membuat objek menggunakan Bezier tool, maka buatlah pegangan/gagang gelas. Lalu bagaimana dengan yang belum mahir atau belum paham membuat objek menggunakan Bezier tool? Lewati saja langkah tersebut dan mulailah asah kemampuan dengan perbanyak belajar dan latihan (hehe.. bukan ceramah lo). Jika memang belum bisa, kalian bisa langsung ke tahap pewarnaan objek.

Baca Juga :  Membuat Logo Ubuntu

Gunakan Interactive Extrude Tool untuk membuat pegangan/gagang gelas tampak nyata.

Langkah 5 :
Gunakan Fountain Fill (F11) untuk mewarnai badan dan bibir gelas.

Untuk pegangan/gagang gelas, gunakan Smart Fill tool untuk mewarnai-nya.

Blok semua objek gambar , Tekan Alt + Enter. Pada bagian Object Properties, buat Width menjadi none untuk menghilangkan Outline/garis.

Hasilnya :

Demikian tutorial membuat gelas dengan coreldraw, kembangkan lagi menjadi lebih menarik dan tetaplah berlatih.

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *