Pengertian Bandwidth dan Throughput Beserta Penjelasannya

Bagi kalian yang menggunakan smartphone untuk mengakses internet tentu tidak asing lagi dengan kuota data. Istilah kuota data ini mengacu pada jumlah batasan atau limit pemakaian penggunaan internet. Sebagian dari kita terkadang tergiur dengan banyaknya kuota data yang ditawarkan oleh beberapa provider tanpa mempertimbangkan bandwitdh.

Tulisan kali ini akan dibahas mengenai bandwidth supaya kita lebih selektif oleh berbagai macam iklan kuota data yang ditawarkan oleh beberapa provider.

Lalu sebenarnya apa itu bandwidth? pentingkah kita mengetahuinya ketika membeli kuota data? simak pengertian dan penjelasan mengenai bandwidth berikut ini.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth atau lebar pita data merupakan kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam hitungan detik (bit per second atau bps).

Beberapa orang menganggap bahwa bandwidth mengacu pada kecepatan akses internet. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun kecepatan akses internet bukanlah bandwidth. Bandwidth mengacu pada jumlah maksimal dari besarnya transfer yang mampu dilakukan disuatu proses pertukaran data dalam kurun waktu tertentu. Semakin besar bandwidth, maka semakin cepat data sampai ketujuan.

Jadi bisa dikatakan, bandwidth adalah luas atau lebarnya cakupan frequensi pada media transmisi yang dipakai.

Bandwidth
Ilustrasi bandwidth

Analoginya seperti ini :
Bayangkan bandwidth adalah lebar jalan raya, dan data adalah kendaraan yang melewati jalan raya tersebut. Jika kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut semakin banyak, sedangkan lebar jalan relatif sempit, tentu akan terjadi kemacetan di jalan raya tersebut. Semakin besar lebar jalan raya (bandwidth) tersebut, maka semakin banyak kendaraan (data) yang dapat melintasi jalan tersebut dengan lancar.

Artinya, semakin banyak data atau semakin besar data yang diminta oleh halaman website yang sedang kalian buka (semisal layanan audio/video streaming), bisa jadi membuat internet kalian menjadi lambat. Hal ini tidak akan terjadi jika bandwitdh yang kamu gunakan cukup besar.

Baca Juga :  Pembahasan Soal UKK TKJ 2020 Paket 4

Jenis Bandwidth

Bandwidth terbagi menjadi dua jenis, yaitu Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital. Apa perbedaan dari kedua jenis bandwidth tersebut? berikut penjelasannya.

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog merupakan rentang antara frequensi terendah dan frequensi tertinggi yang digunakan pada transmisi sinyal radio yang diukur pada satuan Hertz (Hz) dan berfungsi dalam menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan pada waktu tertentu.

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital merupakan kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa ditransmisikan, baik melalui media transmisi kabel maupun melalui media transmisi nirkabel dalam waktu tertentu yang hitung dalam satuan bit per second (bps).

Banyak penyedia layanan internet (ISP) menggunakan bandwidth jenis digital.

Dikarenakan didalam jaringan internet terjadi proses pertukaran data, yaitu mengirim dan menerima data, maka bandwidth internet dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Bandwidth Uplink dan Bandwidth Downlink.

Bandwidth Uplink
Uplink atau Upload adalah proses mengunggah atau mengirim data dari suatu perangkat menggunakan jaringan internet. Contohnya adalah ketika kita mengunggah atau mengirim foto ke media sosial seperti instagram. Penggunaan uplink tidak terlalu besar dibandingkan downlink.

Bandwidth Downlink
Downlink atau Download adalah proses mengambil data menggunakan jaringan internet. Ketika kalian membuka halaman website atau menyetel video dari halaman youtube, sebenarnya kalian telah melakukan proses download walaupun file tersebut tidak kalian simpan di perangkat komputer/smartphone.

Fungsi Bandwidth

Bandwidth mempunyai peranan dalam pengiriman data. Berikut adalah fungsi bandwidth dalam sebuah jaringan internet yang perlu kita ketahui.

1. Sebagai ukuran dalam Pengiriman Data
Fungsi bandwidth adalah untuk ukuran media pengiriman data. Bandwidth bisa memberikan ukuran yang tepat dari pengiriman data yang terjadi di dalam suatu jaringan. Hal ini bisa menjadi patokan bagi kita dalam memilih provider ataupun memilih penyedia jasa layanan internet lainnya.

Baca Juga :  Mengatasi Masalah Sharing Data Di Windows 10

2. Membagi Kecepatan Transfer Data
Bandwidth berfungsi untuk membagi kecepatan transfer data untuk seluruh pengguna di dalam suatu jaringan. Kecepatan transfer data suatu jaringan bisa di distribusikan secara adil sesuai penggunaannya ke seluruh pengguna. Pembagian tersebut untuk membatasi agar tidak ada pengguna yang merasa di untungkan atau dirugikan ketika menggunakan jalur internet yang sama.

Bayangkan jika disaat bersamaan didalam jaringan ada 2 pengguna yang sedang menggunakan koneksi internet. Pengguna A sedang mengunduh file video beresolusi besar dengan kapasitas besar, sedangkan pengguna B mengunduh file video beresolusi standar dengan kapasitas kecil. Pengguna mana yang akan dirugikan jika tidak ada pembagian bandwidth?.

3. Membatasi Besaran Jumlah Data yang Dikirim
Fungsi bandwidth yang lain adalah membatasi  besaran jumlah data yang dikirim dalam rentang waktu tertentu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas kecepatan internet di dalam suatu jaringan.

Dengan pembatasan ini maka akan mengurangi traffik tinggi dalam waktu yang lama. Traffik tinggi yang lama akan membuat stabilitas jaringan terganggu dan akan mempengaruhi kapasitas bandwidth itu sendiri.

Perbedaan Bandwidth dengan Throughput

Throughput merupakan istilah yang digunakan untuk mengetahui berapa jumlah data yang dapat dikirim dan diterima dalam jangka waktu tertentu. Throughput mengukur tingkat keberhasilan pesan yang sampai ditujuan sekaligus memberitahu kepada pengguna berapa banyak paket yang sampai ditujuan.

Sedangkan bandwidth merupakan istilah yang digunakan untuk kapasitas transfer maksimum suatu jaringan.

Jumlah bandwidth menentukan berapa banyak data yang dapat dikirim dan diterima oleh suatu perangkat, dan throughput memberitahu berapa banyak data yang benar-benar ditransmisikan dan sampai ditujuan.

Lebih mudahnya mari dianalogikan seperti ini, bandwidth diibaratkan jalan raya, sedangkan throughput adalah banyaknya kendaraan yang melewati melalui jalan raya tersebut. Semakin besar lebar jalan atau bandwidth, maka semakin banyak kendaraan atau data yang dapat melewati jalan tersebut secara bersamaan.

Throughput

Perbedaan Bandwidth dan Kuota Data Internet

Bandwidth dan kuota data adalah dua hal yang berbeda yang erat kaitannya dengan paket data internet dan mempunyai peran dalam memberikan kenyamanan dalam mengakses koneksi internet.

Baca Juga :  Jenis dan Fungsi Router beserta Cara Kerjanya

Bandwidth merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Semakin besar bandwidth, maka semakin cepat transfer data internet.

Kuota Data Internet merupakan besarnya batasan alokasi penggunaan data internet. Semakin besar kuota data yang dimiliki, maka semakin banyak data yang bisa diakses.

Jika diibaratkan, bandwidth adalah lebar jalan raya, maka kuota adalah mobil yang melintasi jalan raya tersebut.

Secara umum kuota dibedakan menjadi dua, yaitu Kuota Speed (disebut sebagai bandwidth) dan Kuota Volume Base (kuota data dalam penggunaan internet).

Cara Mengetahui Besarnya Bandwidth

Besarnya bandwidth bagi pengguna layanan Indihome, NusaNet, dan ISP lainnya umumnya sudah tertera sesuai paket internet yang digunakan, sedangkan kuota yang diberikan biasanya Unlimited. Namun bagi pengguna internet yang menggunakan provider seluler, bandwidth biasanya tidak akan diberitahukan secara tertulis. Pengguna hanya diberikan informasi terkait alokasi kuota data yang dapat digunakan.

Kecepatan bandwidth setiap daerah yang satu dengan daerah yang lain tidaklah sama, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kualitas jaringan yang tersedia, misalkan didaerah satu menggunakan jaringan kabel tembaga sedangkan daerah yang lain menggunakan fiber optic, tentu bandwidth yang akan didapatkanpun akan berbeda.

Jika kalian menggunakan layanan provider seluler untuk mengakses internet, bandwidth yang akan kalian dapatkanpun akan berbeda karena perbedaan paket data yang kalian beli. Selain itu ketersediaan jaringan semisal 3G, 4G bahkan 5G juga pasti akan mempengaruhi bandwidth.

Simpulan

Berapa bandwidth yang harus saya butuhkan? berapa banyak kuota yang harus saya sediakan?
Sesuaikan semuanya sesuai kebutuhan kalian. Bandwidth dan kuota untuk membuka konten streaming, game atau media social lainnya tentu berbeda. Jadi, semua pilihan ada ditangan kalian.

Itulah penjelasan mengenai bandwidth, semoga tulisan ini memberikan pengetahuan dan referensi tambahan bagi kalian dalam memilih paket data internet.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *