Edit Foto Dengan Photoshop : Manipulasi Foto Manusia Dengan Hewan

Tutorial kali ini akan membahas manipulasi foto manusia dengan hewan. Kami menggunakan macan tutul sebagai skin hewan. Namun jika kalian ingin mengganti dengan kulit hewan yang lain bisa saja, intinya cara pengerjaannya sama.

Tutorial Photoshop : Cara Edit Kulit Manusia Dengan Hewan

Sebelumnya persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan untuk manipulasi foto manusia dengan hewan. Bahan foto bisa kalian download di akhir tutorial ini. Untuk software kami menggunakan Adobe Photoshop CS6. Untuk versi adobe yang lain sama saja langkah-langkah pengerjaannya.

Sumber gambar : himanshugunarathna – pixabay

Langkah 1 : 
Hilangkan/hapus alis dengan menggunakan “Clone Stamp Tool” , atau dengan menekan tombol/huruf S pada keyboard. Kemudian tahan tombol ALT dan klik area kulit yang ingin dijadikan sampel. Lepas tombol ALT dan klik objek alis sedikit demi sedikit sehingga alis tertutupi oleh sampel kulit yang kita buat.  

Langkah 2 :
Seleksi gambar macan tutul yang sudah kita siapkan dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool

Langkah 3 :
Tarik gambar macan tutul yang sudah di seleksi menggunakan Move Tool dan masukkan ke dalam gambar wajah manusia, kemudian sesuaikan ukurannya menggunakan kombinasi keyboard CTRL+T atau klik Edit > Free Transform.

Baca Juga :  Design Flash Disk Dengan Coreldraw

Untuk melihat apakah peletakan gambar sesuai atau tidak, kurangi opacity gambar macan tutul menjadi 50%, jika sudah sesuai kembalikan opacity menjadi 100%.

Langkah 4 :
Klik Layer Wanita.

Langkah 5 :
Klik menu Filter > Liquefy (Ctrl + Shift + X), kemudian kurangi opacity nya menjadi 50%, pastikan Show Backdrop tercentang.

Langkah 6 :
Klik tombol Freeze Mask Tool untuk membuat area merah khususnya pada area mata.

Langkah 7 :
Kemudian tarik kedua mata macan tutul hingga menyamai posisi mata manusia mengunakan Forward Warp Tool kemudian klik OK.

Langkah 8 :
Buat Opacity Layer macan tutul menjadi antara 20% s.d. 30%. Klik Add Layer Mask, kemudian klik Brush Tool untuk menghilangkan bagian-bagian yang tidak diperlukan.

Langkah 9 :
Hapus bagian bagian mata, mulut, rambut serta bagian yang tidak diperlukan menggunakan Brush Tool.

Langkah 10 :

Buat Opacity Layer macan menjadi 50% , kemudian klik Multiply. Jika opacity layer macan tidak sesuai dengan tampilan gambar, kamu bisa kurangi atau tambahkan nilai opacity nya sesuai keinginan kamu.

Untuk bagian tangan dan badan wanita, cara nya sama seperti langkah-langkah yang diberikan, namun ambil bagian badan dari macan tutul tersebut, jangan bagian kepala.

Langkah 11 : Ganti mata wanita dengan mata kucing
Buka file kucing yang sudah disiapkan ke dalam photoshop, seleksi mata kucing menggunakan Elliptical Marquee Tool, kemudian tarik menggunakan Move Tool ke dalam file wanita yang sudah jadi.

Sesuaikan ukuran mata menggunakan CTRL+T atau klik Edit > Free Transform, kemudian klik Add Layer Mask. Setelah itu klik Brush Tool untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan. Setelah selesai tekan keyboard CTRL + J untuk duplikat mata yang sudah jadi dan pindahkan ke mata sebelahnya menggunakan Move Tool dan sesuaikan, hal ini diperlukan untuk menghemat waktu.

Inilah hasilnya :

Itulah langkah-langkah memanipulasi skin yang kami berikan, semoga bermanfaat dan sabar dalam mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Download bahan tutorial manipulasi skin

Tonton juga Video tutorial nya :

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *